Monday 13 December 2010

Malam Ini, Hujan Meteor Terindah Sepanjang Tahun 2010


Penampakan Meteor Perseid tahun 2005 (space.com)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Hujan meteor Geminid malam ini akan menghiasi langit. Hujan meteor ini sebenarnya telah berlangsung seminggu lalu namun mencapai puncaknya pada hari ini dan besok dini hari.

Dalam laman situs Guardian hari ini (13/12), setiap jam langit akan dihujani 120 bintang jatuh. Meteor Geminid dikenal sebagai meteor yang paling indah dan paling terang. Meteor ini memiliki kecepatan 35 kilometer per detik.

Menurut peneliti senior Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, meteor ini akan turun 100 kali per jam pada puncaknya yang berlangsung pada malam ini hingga besok malam (13-14 Desember).
 Geminid merupakan satu-satunya hujan meteor yang bersumber dari asteroid, yang dinamakan 3200 Phaethon. Sementara hujan meteor lain berasal dari komet.  Penampakannya pun berbeda.  Partikel yang masuk ke atmosfer berukuran lebih besar dan lebih lambat ketimbang saudara-saudaranya.  "Sehingga lebih terang dan lebih mudah di lihat," ujar Ronny, pengurus Himpunan Astronomi Amatir Jakarta.

No comments:

Post a Comment