Tuesday 7 December 2010

Piala AFF 2010 : Indonesia Ke Semifinal, Filipina Taklukkan Vietnam 2-0!

Vietnam vs Philippines/www.affsuzukicup.com
Dua tuan rumah kompetisi antar negara Asean, AFF Cup 2010, menuai hasil berbeda dalam pertandingan kedua masing-masing grup. Indonesia yang menjadi tuan rumah penyisihan Grup A berhasil memastikan diri lolos ke semifinal. Sedangkan Vietnam yang bertindak sebagai tuan rumah di Grup B, harus mengalami pil pahit dikalahkan tim yang lolos dari kualifikasi, Filipina, dengan skor 2-0.
Indonesia memastikan satu tiket ke semifinal setelah kembali menang telak atas Laos 6-0. Laos yang berhasil menahan imbang Thailand 2-2 di pertandingan pertama seolah tak berdaya menghadapi gelombang serangan para pemain Indonesia. Gemuruhnya dukungan suporter di Stadion Gelora Bung Karno seolah menjadi “doping” tersendiri dari para pemain Indonesia sehingga mampu bermain dengan cukup maksimal. Selain memastikan tiket ke semifinal, Indonesia sekaligus memastikan diri menjuarai Grup A setelah tim lain yang berada di Grup A, Malaysia dan Thailand, hanya mampu bermain imbang 0-0.
Kemenangan telak Indonesia atas Laos diawali dengan penalti yang sukses dieksekusi oleh Firman Utina di menit 28, penalti ini didapatkan setelah Cristian Gonzales dijatuhkan Saynakhonevieng Phommapanya di dalam kotak penalti. Selanjutnya M. Ridwan menggandakan keunggulan Indonesia menjadi 2-0 sebelum turun minum. Empat gol lain tercipta di babak kedua, Firman Utina kembali menjadi awal sumber gol Indonesia, di menit 50 Firman berhasil membuat Indonesia unggul jauh 3-0. Irfan Bachdim, Arif Suyono dan Octovianus Maniani melengkapi pesta gol Indonesia menjadi 6-0.
Satu tiket lagi di Grup A akan diperebutkan oleh Thailand, Laos dan Malaysia. Thailand harus mampu mengalahkan Indonesia untuk bisa lolos ke semifinal (Selasa, 7 Desember 2010), kalau Thailand kalah atau imbang melawan Indonesia, maka pemenang laga Malaysia kontra Laos lah yang akan mendampingi Indonesia mewakili Grup A di semifinal.

No comments:

Post a Comment