Thursday 12 August 2010

TIPS MENJAGA KEAMANAN ACCOUNT FACEBOOK

facebook_wallpaper

facebook sudah sangat terkenal sebagai salah satu website sosial networking. karena fakta tersebut saat ini banyak terjadi penyerangan terhadap keamanan account profile facebook. berikut adalah langkah-langkah untuk mengamankan account facebook anda:

  1. hindari login facebook melalui http://www.facebook.com , berbahaya mengirim data melalui alamat ini karena halaman tidak terenkripsi.

  2. selalu login facebook melalui https://login.facebook.com/login.php?Login_attempt=1 , halaman ini terenkripsi dan pastikan dibawah browser ada icon ‘lock signed’.

  3. jangan lanjutkan proses login jika ada peringatan keamanan, anda dapat menghentikan proses tersebut dengan menekan tombol ‘ESC’.

  4. pastikan Logout ketika anda telah selesai mengakses account facebook anda, jangan hanya menutup browser anda tanpa proses logout.

  5. berhati-hati terhadap aplikasi facebook yang berbahaya, karena dapat saja pemogram aplikasi tersebut mengakses data-data penting komputer anda. saat ini ada beberapa tipe apikasi facebook yang di nilai berbahaya yaitu ‘ the Facebook users’, ‘the Secret Crush Error Check System’, ‘My Account’ dan ‘Reported For Rule Breaking’.

  6. hal-hal umum lain yang berkaitan dengan keamanan data yaitu: jangan bekerja dengan account administrator, akan berbahaya jika anda membuka email/image/document/ dengan account tersebut. dan berhati-hati jika mengakses account facebook pada komputer public seperti warnet – jaringan wifi dll, pastikan anda menggunakan encrypted SSL / TLS (https) pada browser di komputer tersebut.

    karena semua celah beresiko bagi penyerang cyber untuk dapat merekam, mencuri data-data penting dan mengendalikan komputer anda.

  7. tips terakhir adalah harus selalu waspada. karena masalah yang berhubungan dengan keamanan data tidak pernah berakhir dan selalu di perbaharui seiring banyaknya pula teknik-teknik penyerangan seperti phishing/scam/program jahat yang dilakukan penjahat cyber.

No comments:

Post a Comment